Industri Konstruksi, Penggerak Ekonomi Indonesia

Sebuah krisis ekonomi tentunya akan dirasakan di berbagai negara di dunia, yang membedakan hanyalah waktu. Untuk memulihkan keadaan tersebut, pemerintah di berbagai negara telah melakukan berbagai upaya di berbagai sektor. Salah satu sektor bersifat dinamis adalah sektor konstruksi. Industri jasa yang melibatkan berbagai kegiatan usaha ini, dalam industrinya sendiri maupun industri lainnya. Yaitu industri bahan bangunan, peralatan bangunan, konstruksi, lembaga – lembaga keuangan perbankan, dan asuransi.

Banyaknya yang terlibat dalam kegiatan konstruksi telah menjadikan sektor ini sebagai penggerak perekonomian. Hal ini dapat menimbulkan dampak pengganda atau “multiplier effect” yang sangat berguna dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Dalam dunia konstruksi, hampir semua bidang pekerjaan memiliki peranannya, mulai dari pertukangan, konstruksi jalan, desain rumah (arsitek) hingga teknik sipil.

Tak hanya dalam pembangunan berskala besar, industri konstruksi juga berperan dalam pembangunan yang berskala kecil. Seperti pembangunan rumah, jalan raya di komplek perumahan, dan pembangunan kecil lainnya.

Berbicara mengenai tantangan, terdapat beberapa hal yang dihadapi, mulai dari kestabilan ekonomi negara hingga kebutuhan SDM dengan keahlian engineering berkualitas. Beberapa hal tadi telah mewakilkan betapa pentingnya konstruksi bagi kemajuan Indonesia khususnya dalam bidang ekonomi. Adapun jenis – jenis konstruksi yang ada di Indonesia, diantaranya :

Konstruksi Gedung

Dalam hal ini, gedung yang ditangani atau menggunakan jasa konstruksi sangat beragam. Contohnya seperti gedung pemerintah, gedung untuk rekreasi, kepentingan bisnis, hingga gedung fasilitas kesehatan. Aspek yang paling penting dari jenis konstruksi ini adalah arsitektur.

Konstruksi Jalan

Sebagai prasarana mobilitas masyarakat, proyek jalan ini tentunya harus dibangun . Biasanya proyek ini dilakukan karena ada permintaan dari pekerja umum, pemerintah atau pun swasta. 

Konstruksi Bangunan Air

Tak hanya gedung, jalan, dan infrastruktur, bangunan air pun bagian dari industri konstruks. Biasanya termasuk dalam proyek besar di suatu negara. Misalnya membangun bendungan, waduk hingga melakukan pemasangan pipa - pipa yang ada di beberapa daerah di Indonesia. 

Melihat jenis – jenis konstruksi yang ada di Indonesia, sangat pantas jika industri ini menjadi mesin penggerak pertumbuhan ekonomi skala nasional. Menjadi mesin tersebut, tidak melulu hal materi. Terbukanya lapangan kerja hingga melirik investor asing membuat suatu perubahan bahkan pertumbuhan dalam ekonomi Indonesia.

Baca artikel lainnya di sini

Sumber: 

https://pu.go.id/berita/teknologi-turut-mendukung-industri-jasa-konstruksi-lebih-efisien


in Blog
10 Tips Cegah Kesalahan pada Sistem ERP