Tips Melakukan Performance Review yang Efektif bagi HR

Performance review merupakan proses penting dalam pengelolaan sumber daya manusia (SDM) untuk mengevaluasi kinerja karyawan dan memberikan umpan balik yang konstruktif. Bagi HR, melakukan performance review secara efektif dapat membantu meningkatkan kinerja karyawan, mendorong pengembangan karir, dan membangun hubungan yang positif dengan karyawan.

Lantas, bagaimana cara melakukannya? Berikut beberapa tipsnya!


Baca Juga:

Apa itu Perusahaan Manufaktur?


Performance Review

Persiapan:

  1. Tetapkan tujuan dan sasaran yang jelas: Pastikan Anda memahami tujuan performance review dan apa yang ingin Anda capai dari proses ini.
  2. Buatlah formulir penilaian yang terstruktur: Formulir penilaian harus mencakup semua aspek penting dari kinerja karyawan, seperti pencapaian tujuan, kompetensi, dan perilaku.
  3. Kumpulkan data: Kumpulkan data yang relevan untuk mendukung penilaian Anda, seperti data kinerja, umpan balik dari rekan kerja, dan catatan observasi.
  4. Jadwalkan pertemuan: Jadwalkan pertemuan performance review dengan cukup waktu untuk diskusi yang mendalam.

Pelaksanaan:

  1. Buatlah suasana yang kondusif: Ciptakan suasana yang nyaman dan terbuka agar karyawan merasa aman untuk berbicara secara terbuka.
  2. Mulailah dengan meninjau tujuan dan sasaran: Diskusikan pencapaian tujuan dan sasaran karyawan selama periode penilaian.
  3. Berikan umpan balik yang konstruktif: Berikan umpan balik yang spesifik, objektif, dan dapat ditindaklanjuti. Hindari memberikan umpan balik yang bersifat personal atau bias.
  4. Dengarkan dan diskusikan: Berikan kesempatan kepada karyawan untuk memberikan tanggapan dan pertanyaan. Diskusikan umpan balik dan temukan solusi bersama.
  5. Tetapkan tujuan dan sasaran untuk periode berikutnya: Bekerjasamalah dengan karyawan untuk menetapkan tujuan dan sasaran yang SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, and Time-bound) untuk periode penilaian berikutnya.
  6. Dokumentasikan hasil pertemuan: Dokumentasikan hasil pertemuan, termasuk poin-poin penting yang didiskusikan, kesepakatan yang dibuat, dan rencana tindakan.


Baca Juga:

Pentingnya Payroll Software


Tindak Lanjut:

  1. Pantau kemajuan: Pantau kemajuan karyawan terhadap tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.
  2. Berikan dukungan dan pelatihan: Berikan dukungan dan pelatihan yang dibutuhkan karyawan untuk mencapai tujuan mereka.
  3. Adakan pertemuan tindak lanjut: Adakan pertemuan tindak lanjut secara berkala untuk membahas kemajuan dan memberikan umpan balik tambahan.

Referensi:

Performance Review


in Blog
Point of Sales (POS) pada Bisnis Retail: Definisi, Fungsi, & Jenis-jenisnya