3 Cara Artificial Intelligence Ubah Industri Konstruksi

Artificial Intelligence dapat dikatakan sebagai teknologi yang dapat memberikan pengaruh yang signifikan di berbagai industri. Sistem komputer yang memiliki kecerdasan seperti manusia ini mampu melakukan pembelajaran, penalaran, hingga mengoreksi diri sendiri. Salah satu industri yang dapat diimplementasikan menggunakan AI (Artificial Intelligence) adalah industri konstruksi. 

Dalam implementasinya di industri konstruksi, AI mampu membaca dokumen dan diagram konstruksi serta bangunan yang bersifat kompleks. Selain itu, terdapat beberapa sektor yang telah ditransformasikan menggunakan AI pada industri konstruksi, seperti VA (Virtual Assistant), hingga membantu menentukan langkah atau keputusan, karena kegunaannya dalam pengelolaan data. 

Lantas, bagaimanakah cara Artificial Intelligence mengubah atau mentransformasikan industri konstruksi? Berikut paparannya : 

Keselamatan Konstruksi

Menurut Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA), sumber utama kecelakaan kerja pada industri konstruksi dikarenakan sengatan listrik dan jatuhnya benda. Dengan adanya AI, industri konstruksi dapat mengetahui potensi bahaya bagi proyek untuk mengadakan pengarahan keselamatan.

Menyederhanakan Aspek Administrasi

Setelah pembangunan dimulai, AI mulai digunakan untuk mengelola dan mengontrol setiap proses, seperti pengelolaan daftar absensi ke sistem data. Cara kerja pada aspek administrasi, karyawan di industri konstruksi dimudahkan dalam pengelolaan daftar absensi tersebut, ketika data telah masuk, sistem AI akan langsung memberikan tugas pekerja ke pekerja lainnya.

Membantu Proses Perencanaan Industri Konstruksi

Teknologi yang mampu menghemat waktu ini mampu menentukan lokasi konstruksi dan mendapatkan informasi yang cukup untuk membuat rancangan peta 3D, cetak biru (blue print), dan perencanaan konstruksi. Dengan adanya AI, proses yang membutuhkan beberapa minggu, kini hanya perlu satu hari untuk menyelesaikannya.

Penerapan AI dalam industri konstruksi sangat layak dilakukan untuk memudahkan segala pekerjaannya. Seperti pada paparan di atas, mulai dari keselamatan konstruksi hingga proses perencanaan dalam proyek, AI dapat melakukannya.

Tak hanya industri konstruksi, AI juga mengambil peran di berbagai industri lainnya seperti properti. Kemampuan yang meliputi integrasi kecerdasan buatan dalam operasional sehari – hari dan proses pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan adanya Artificial Intelligence. 

Penuhi kebutuhan bisnis melalui implementasi AI yang dapat dilakukan bersama PT. Garudea Solusindo Internusa. Adanya Drone AI yang meliputi project zone, project progress, hingga inspections dapat mempermudah pekerjaan proyek di industri konstruksi. Dapatkan demo/trial implementasi secara GRATIS.

Baca juga artikel lainnya di sini

Sumber: 

Contoh Artificial di Bidang Konstruksi Bantu Kembangkan Potensi

https://infokomputer.grid.id/read/123476279/contoh-artificial-di-bidang-konstruksi-bantu-kembangkan-potensi


in Blog
Industri Konstruksi, Penggerak Ekonomi Indonesia