3 Kesalahan dalam Industri Konstruksi Indonesia

Kesalahan seorang manusia dalam suatu pekerjaan dapat menjadi hal biasa, namun ketika kesalahan itu sering dilakukan, sepertinya tidak wajar. Dalam beberapa industri, tentunya kita akan mengalami kesalahan, baik yang fatal maupun tidak. Di industri konstruksi Indonesia sendiri terdapat beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh kontraktor proyek konstruksi dan berujung pada kegagalan proyek.

Kegagalan konstruksi atau proyek merupakan suatu kondisi dimana hasil pekerjaan konstruksi tidak sesuai dengan spesifikasi pekerjaan sebagaimana disepakati dalam kontrak kerja konstruksi baik sebagian maupun keseluruhan sebagai akibat kesalahan pengguna jasa atau penyedia jasa (PP. 29/2000 pasal 31 tentang Penyelenggaran Jasa Konstruksi). Seperti apakah kesalahan – kesalahan yang sering terjadi dalam industri konstruksi di Indonesia?

Tidak Mempertimbangkan Peluang Risiko 

Secara umum, seorang pimpinan atau manajer akan mengaitkan risiko proyek dengan berbagai hal buruk. Namun pada realitasnya masih banyak yang lalai menyikapi peluang risiko di industri konstruksi.

Project Manager dengan leadership yang Kurang Memadai

Tak hanya dalam internal kantor, teamwork merupakan kemampuan yang harus ada dimanapun ketika bekerja. Meskipun terlihat sepele, namun hal ini akan berpengaruh pada industri konstruksi. Tim proyek yang tidak terbentuk dengan baik akan berpeluang terjadi konflik yang tak kunjung usai, dan akhirny proyek menjadi tidak dilaksanakan sesuai rencana.

Pemahaman Komunikasi yang Kurang Berjalan

Komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi yang harus dilakukan dalam rangka memastikan informasi diterima dengan baik. Industri konstruksi dirasa harus lebih memerhatikan kembali pentingnya komunikasi, agar arus informasi dapat dikelola dengan baik dan hati – hati.

Itu tadi beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam industri konstruksi, kesalahan yang terjadi dapat disebabkan dari faktor internal maupun eksternal. Untuk meminimalisir kesalahan, Sobat Garudea bisa menggunakan sistem dari PT. Garudea Solusindo Internusa untuk memberikan solusinya. 

Dengan adanya sistem ERP dari PT. Garudea Solusindo Internusa, kesalahan – kesalahan yang ada dalam industri konstruksi dapat teratasi, karena menggunakan satu tools yang bermanfaat diberbagai komponen. 

Perusahaan Anda sudah pakai ERP?

Baca juga artikel lainnya: Peran ERP dalam Industri

Sumber: 

Kesalahan Kontraktor pada Umumnya di Indonesia 

Kegagalan Konstruksi 

https://sibima.pu.go.id/pluginfile.php/46424/mod_resource/content/1/20180430-03-Kegagalan%20Konstruksi.pdf

5 Kesalahan yang Sering Terjadi pada Manajemen Risiko Proyek 


in Blog
Peran ERP dalam Industri Man Power