Peran ERP dalam Industri Man Power

Sobat Garudea, Tahukah Anda apa itu man power? Man power bukanlah manusia yang sangat kuat ya, melainkan SDM atau tenaga kerja yang berperan di suatu perusahaan maupun organisasi. Dalam hal ini, man power dapat dikatakan sebagai seorang karyawan. Lalu, apa hubungannya dengan software ERP?

Berkembangnya teknologi membuat kebutuhan manusia menjadi mudah dan terfasilitasi. Mulai dari kebutuhan konsumsi hingga komunikasi yang tidak luput dari pengaruh teknologi digital, termasuk pada SDM di perusahaan dan/atau organisasi. Kemudian, software ERP yang menjadi bagian dari teknologi ternyata memiliki keterkaitan atau hubungan dengann peran SDM. 

Berikut ulasannya.

ERP (Enterprise Resource Planning)

Sebuah software yang mengintegrasikan semua departemen dan fungsi suatu perusahaan ke dalam satu sistem komputer yang dapat memberikan kemudahan pada semua kebutuhan perusahaan. Dengan adanya ERP ini, setiap departemen yang ada di perusahaan akan terhubung pada satu sistem yang sama. Sistem ERP memiliki beberapa modul yang dapat disesuaikan dengan kebutuuhan, seperti modul gudang, sumber daya manusia, keuangan, dan kebutuhan perusahaan lainnya. Ketersediaan modul ERP bergantung pada software ERP yang digunakan.

Peran ERP dalam Industri Man Power

Man power merupakan tenaga pekerja atau SDM yang memiliiki peran penting dalam membawa perubahan bagi perusahaan ke arah yang lebih baik. Peranan ERP pada salah satu modul yang berhubungan dengan man power yaitu membantu perusahaan mengintegrasikan data yang berhubungan dengan sumber daya.

Dengan penerapan ERP dalam Human Capital Management (HCM), akan berdampak pada pengelolaan data sumber daya manusia yang efektif dan efisien. Sistem ERP mampu menyederhanakan sebuah proses bisnis khususnya dalam hal sumber daya manusia dalam perusahaan menjadi satu tools yang dapat dikelola secara mudah. 

Dari paparan diatas, dapat ditarik benang merah, bahwa peran ERP dalam industri man power adalah, sebagai berikut: 

  1. Efisiensi dan Efektivitas 

Mewujudkan efisiensi dalam ranah perusahaan untuk menekan biaya operasional perusahaan. 

  1. Menciptakan Kolaborasi 

Untuk mewujudkan tujuan utama perusahaam diperlukan kolaborasi, ERP hadir untuk memangkas habis batas yang ada dalam sebuah perusahaan.

  1. Memperketat Keamanan Data 

Sistem ERP memiliki firewall dan sebuah kontrol pembatasan untuk mengantisipasi dan pencegahan terhadap pelanggaran data. 

  1. Memantau Kinerja Karyawan 

Impelementasi ERP pada point ini adalah penggunaan laporan dengan analitik canggih yang mampu mendeteksi sebuah data yang tidak cocok (singkron). 

Ternyata, sistem ERP berperan dalam berbagaii industri di Indonesia, salah satunya adalah manajemen SDM. Apabila Anda merasa bisnis Anda kompleks, itu adalah saat yang tepat untuk menggunakan software ERP. 

Kunjungi PT. Garudea Solusindo Internusa untuk menjawab permasalahan Anda. 

Baca juga artikel lainnya tentang: Solusi Masa Depan Industri Konstruksi

Sumber: 

Konsep ERP Sistem untuk Mendukung Management SDM Perusahaan

Konsep ERP Sistem untuk Mendukung Management SDM Perusahaan

Pengertian, Manfaat, Tujuan, dan Peran ERP (Enterprice Resource Planning) 

Pengertian Sistem ERP dan Fungsinya bagi Perusahaan 

https://unida.ac.id/teknologi/artikel/pengertian-sistem-erp-dan-fungsinya-bagi-perusahaan.html

Analisis Integrasi Sistem Informasi Enterprise Resource Planning (ERP) pada Human Capital di Universitas 

http://sisteminformasi.blog.binusian.org/2014/03/02/analisis-integrasi-sistem-informasi-enterprise-resource-planning-erp-pada-human-capital-di-universitas/

in Blog
ERP, Solusi Masa Depan Industri Konstruksi