4 Komponen ERP yang Wajib Ada & Dipertimbangkan dalam Perusahaan Anda

ERP sebagai sistem yang terintegrasi ke berbagai lini bisnis, memiliki banyak fitur di dalamnya, oleh karena itu perusahaan memang harus menyesuaikan dengan kebutuhannya. Saat ini, banyak perusahaan yang telah menggunakan ERP sebagai efisiensi operasional mereka. Namun, banyak pula yang tak mengetahui komponen ERP. 

Mengapa? Karena mereka hanya menggunakan ERP yang sesuai dengan kebutuhannya, misalnya akuntansi, mereka hanya menggunakan modul ERP akuntansi. Adanya ERP akan mempermudah semua aktivitas operasional. Lalu, apa saja komponen ERP pada umumnya? Dan wajib ada di perusahaan? 

Berikut ulasannya. 

  1. People atau Sumber Daya Manusia

SDM yang terlibat dalam pembuatan sistem ERP ini adalah staff IT & tentunya pengguna daripada aplikasi. Pengguna aplikasi harus diikutsertakan, karena dia akan bertanggung jawab untuk menginput serta memproses semua data yang ada. 

  1. Server (Hardware)

Sistem ERP adalah inovasi berbasis teknologi yang pastinya membutuhkan server sebagai poin utamanya. Server ini harus bisa digunakan untuk mengaplikasikan ERP dengan optimal. 

  1. Business Inteligence (BI)

BI mengumpulkan data dan menganalisis untuk memberikan pandangan/keputusan yang dapat ditindaklanjuti mengenai proses bisnis. Jangan sampai, perusahaan membuat keputusan hanya berdasarkan asumsi, tanpa data. 

  1. Database

Sebuah sistem erat kaitannya dengan database, begitu juga dengan ERP. Database memiliki hubungan dengan informasi yang berasal dari pihak internal & eksternal pada perusahaan. 

Perlu diperhatikan, Sistem ERP pada perusahaan ini membutuhkan jaringan internet yang stabil ya. Jaringan yang tidak stabil, bisa menghambat penggunaan sistem ERP pada perusahaan. Semoga dengan adanya penjelasan mengenai komponen ERP, dapat membantu Anda ingin tahu lebih banyak lagi mengenai ERP. 

Apabila perusahaan Anda tertarik untuk menggunakan ERP demi kelancaran operasional bisnis, Garudea hadir menjadi solusi untuk perusahaan Anda. ERP dari GSI dapat memfasilitasi berbagai proses bisnis dengan beragam industri. Dengan biaya terjangkau, tujuan bisnis Anda bukan lagi angan. 

Sumber: 

https://blog.botika.online/erp/

in Blog
Wajib Catat! 25 Istilah Dalam Bidang HRD