5 Perempuan Inspiratif di Bidang Teknologi

Siapa saja perempuan hebat yang berkarir dan penuh inspiratif di bidang teknologi? Dilansir dari beberapa sumber, di bidang sains, teknologi, dan matematika, perempuan hanya mengisi 2 dari 10 pekerja profesional dan 3 dari 10 peneliti. Perkembangan teknologi menjadi dasar bagi perempuan yang menerobos tabu dan membelah stigma teknologi yang kerap contoh pada pria. 

Saat ini, tak sedikit juga perempuan Indonesia yang menorehkan prestasi dalam hal teknologi. Science, Techology, Engineering, and Math (STEM) menjadi salah satu bidang pekerjaan yang populer saat ini bagi kaum perempuan & memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat di seluruh dunia. 

Lantas, siapa saja kah perempuan – perempuan inspiarif di bidang teknologi? Berikut paparannya. 

Vanya Valindria 

Alumni program S1 Teknik Biomedika ITB ini melanjutkan kuliahnya di Eropa pada bidang computer vision and robotics. Saat ini, ia merupakan seorang peneliti machine learning dan analisis citra medis. 

Aulia Halimatussaidah

Salah satu lulusan dari Teknik Informatika Universitas Gunadarma ini menjadi pendiri startup di bidang literasi, nulisbuku.com & storial.co. Melalui startup ini, Aulia ingin membuat lebih banyak orang Indonesia banyak membaca. Tak sampai disitu, Aulia juga menerima berbagai penghargaan, seperti Kartini Next Generation Special Award 2013 sebagai perempuan inspiratif di bidang teknologi komunikasi dan informasi dari Kominfo Indonesia. 

Grace Hopper

Seorang ilmuwan yang terkenal di seluruh dunia ini memberikan pengaruh besar terhadap dunia komputer melalui Common Business-Oriented Language (COBOL). Bahasa pemrograman tingkat tinggi ini digunakan untuk aplikasi dalam bidang bisnis yang masih digunakan sampai saat ini. 

Alamanda Shantika

Mantan Vice President of Product Technology Go-Jek ini membangun perusahaan sendiri, yaitu Binar Academy (sebuah sekolah non formal, khusus untuk pendidikan coding yang akan mengajari muridnya mahir dalam membuat apikasi).

Maria Margaretha Suliyanti

Menjadi bagian dari LIPI sejak 1986, membuat Maria fokus pada penelitiannya tentang Spectroscopy (studi tentang radiasi elektromagnet laser) dan pengembangan laser. Maria meraih gelar Doktor dengan penelitiannya tentang Opto Eletronika dan Aplikasi Laser. 

Itu tadi 5 perempuan inspiratif di bidang teknologi, dan tak hanya mereka, masih ada banyak perempuan inspiratif lainnya. Ternyata, nggak hanya laki – laki yang bisa berdiri dalam hal teknologi, perempuan juga bisa. 

Mungkin saja, startup yang ada disekitar kita, atau aplikasi yang kita gunakan sehari – hari itu buatan dari perempuan indonesia, wah seneng banget ya! Semoga artikel ini menginspirasi Sobat Garudea ya!

Sumber:

4 Perempuan Inspiratif di Bidang Teknologi


in Blog
Ketahui Cara Negosiasi Gaji Saat Interview