Ketahui Cara Negosiasi Gaji Saat Interview

Sebuah gaji sebenarnya dapat dikatakan menjadi mtoivasi utama bagi orang – orang yang bekerja. Sebuah kewajaran jika seseorang ingin mendapat besaran angka yang sesuai dengan pengalaman & kemampuannya. Namun, apabila Sobat Garudea merasa gaji yang ditawarkan telah sebanding dengan kemampuan, hanya tinggal menyetujui. 

Proses negosiasi gaji bukanlah sesuatu yang buruk ya, Sobat Garudea. Jadi, masih wajar untuk di lakukan. Yuk, pelajari bagaimana negosiasi gaji yang dapat meyakinkan rekruter dengan baik saat proses rekrutmen.

Lakukan Riset Terlebih Dahulu 

Sebelum mengajukan nego, Anda harus riset untuk menentukan kisaran gaji sesuai dengan posisi yang dilamar. Informasi gaji profesi bisa didapat dari hasil survey gaji misalnya. 

Sesuaikan dengan Kemampuan & Pengalaman 

Apakah kemampuan yang dimiliki seimbang dengan posisi & gaji yang diharapkan. Jika dirasa mampu, yakinkan HRD mengenai pengalaman, pencapaian, dan kemampuan yang Anda miliki. 

Jangan Terburu – buru

Hindari mengajukan angka yang telah Anda siapkan, tunggu sampai HRD bertanya, ‘Berapa gaji yang Anda harapkan?’. Jika belum muncul pertanyaan tersebut, jangan mengajukan terlebih dahulu ya, hal ini bisa menimbulkan kesan negatif bagi HRD terhadap Anda. 

Tunjukkan Sikap Ramah & Tenang

Mengutip dari Harvard Business Review, kandidat harus mampu mengatur sikap yang tidak diinginkan ketika melakukan negosiasi gaji. Hindari pertanyaan atau pernyataan yang terlalu menggebu – gebu & memaksa. 

Demikian cara – cara negosiasi gaji saat interview kerja. Ingatlah dua hal yang menjadi kunci utama keberhasilannya, yakni analytical thinking & skill komunikasi. Semakin banyak melibatkan bahan pertimbangan, maka semakin dalam juga analisis yang Sobat Garudea buat. 

Kalau sudah tahu mengenai cara negosiasi gajinya, jangan lupa untuk berlatih & diterapkan seolah – olah Sobat Garudea sedang wawancara. Semoga berhasil! 

Sumber: 

Cara Negosiasi Gaji Saat Interview Kerja

https://www.kuncie.com/posts/cara-negosiasi-gaji-saat-interview-kerja

15 Cara Nego Gaji Terampuh untuk Job Seeker & Fresh Graduate

https://www.kitalulus.com/seputar-kerja/cara-nego-gaji-terampuh-untuk-job-seeker-dan-fresh-graduate

Panduan dan Tips Sukses Negosiasi Gaji


in Blog
Ikuti 3 Aturan Ini dalam Bisnis