Dampak Satria-1, Satelit Internet Indonesia terhadap Ekonomi Digital

Satria-1 merupakan Satelit Internet Pertama di Indonesia yang peluncurannya dilakukan di Florida, Amerika Serikat. Indonesia berharap dengan satelit ini, akan ada perluasan akses layanan internet, khususnya untuk wilayah 3T. Direktur Eksekutif INDEF menilai, layanan internet menjadi jalan bagi penguatan ekonomi digital di Indonesia. 

Kehadiran satelit ini juga dapat membuka peluang kerja bagi masyarakat. Melalui kemudahan akses internet pula, sumber daya manusia Indonesia mampu dikembangkan. Satria-1 mendapat dukungan penuh dari WNI yang ada di Amerika Serikat. Lalu, seperti apa dampak yang signifikan terhadap ekonomi digital Indonesia? Selengkapnya di bawah ini. 

Efisiensi & Penghematan Penggunaan Biaya Internet di Layanan Publik

Menurut Plt Direktur Utama Badan Aksesbilitas Kementerian Kominfo, kehadiran Satria-1 akan memberikan dampak bagi pengembangan sektor UMKM di Indonesia, karena internet telah tersedia di fasilitas layanan publik. 

Mempermudah Akses Internet 

Kehadiran satelit internet ini memang ditujukan untuk wilayah 3T (khususnya), agar masyarakat Indonesia dapat lebih leluasa dalam mengakses internet. 

Mengakselerasi Perkembangan Ekonomi Digital 

Internet selalu identik dengan digital, oleh karena itu, dengan dimulainya akses internet yang memadai, akan menunjang perkembangan ekonomi. Menjadi jalan untuk penguatan ekonomi digital pada tahun 2025 nanti. 

Itu tadi beberapa poin terkait dampak SATRIA-1 terhadap ekonomi digital. Memang tidak secara spesifik terhadap ekonominya, namun akan menjadi jalan untuk penguatan ekonomi digital Indonesia. 

Sumber: 

Satelit SATRIA-1 Mengorbit, Ekonomi Digital RI Bisa USD 130 M 

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230614114253-39-445789/satelit-satria-1-mengorbit-ekonomi-digital-ri-bisa-usd-130-m

Satelit SATRIA-1 Berikan Dampak Positif bagi Perkembangan Ekonomi Digital

https://www.metrotvnews.com/play/kj2CAvQ3-satelit-satria-1-berikan-dampak-positif-bagi-perkembangan-ekonomi-digital

Satelit SATRIA-1 Dukung Indonesia Jadi Ekonomi Digital Terbesar

https://ekonomi.republika.co.id/berita/rwldko490/satelit-satria1-dukung-indonesia-jadi-ekonomi-digital-terbesar


in Blog
4 Komponen ERP yang Wajib Ada & Dipertimbangkan dalam Perusahaan Anda